-->

Beberapa Jenis Sayuran Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi

Tubuh kita membutuhkan berbagai macam zat – zat yang bergizi setiap harinya. Hal ini berfungsi untuk menopang energi, pertumbuhan, dan segala kegiatan yang kita lakukan. Salah satu yang cukup penting yaitu serat. Zat ini memiliki peranan penting dalam tubuh kita, salah satunya adalah memperlancar saluran pencernaan. 

Namun terkadang kita bingung memilih bahan makanan mana yang mengandung serat yang banyak. Sebenarnya cukup mudah, karena serat umumnya terdapat dalam sayur dan buah. Pertanyaan lagi, dari sekian banyak sayur misalnya, adakah yang mengandung serat tinggi ? 

Tentu saja ada, anda tidak perlu repot – repot mencarinya, karena 350 kata pada kesempatan kali ini ingin berbagi informasi menarik mengenai beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. 

Daftar Sayur Dan Buah Yang Memiliki Kandungan Serat Yang Tinggi


1. Mentimun 

jenis sayuran tinggi serat

Anda pasti tahu sayuran yang satu ini, rasanya memang tidak manis, tapi sangat segar apabila kita makan secara langsung. Sayuran ini biasanya kita temukan sebagai lalaban dengan sambal terasi di warung lesehan. Ternyata kandungan serat mentium cukup tinggi. Seklain itu kandungan kaliumnya juga tinggi yang membuat sayuran ini dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

2. Brokoli 

sayuran tinggi serat

Sayuran ini paling sering kita temukan dalam sayur sop, atau juga dalam capcay sayuran. Brokoli termasuk jenis sayuran yang banyak mengandung serat. Dalam 100 gram brokoli hijau terdpat 2,6 gram serat. Nilai yang cukup banyak bila dibandingkan dengan beberapa jenis sayuran lainnya. 

3. Wortel 

macam sayuran tinggi serat

Tidak hanya jenis sayuran yang berwarna hijau saja yang banyak mengandung serat. Ternyata wortel yang bewarna orange juga memiliki banyak kandungan serat yang tinggi. Bahkan lebih tinggi dari brokoli, wortel memiliki sekitar 3,4 gram serat dalam 100 gramnya. 

4. Daun Bayam 

bahan makanan tinggi serat

Kembali pada sayuran yang berwarna hijau. Daun bayam, siapa yang tidak mengetahui daun ini. Sayuran yang bisa dibuat apa saja ini memiliki kandungan serat 2,2 gram tiap 100 gramnya. Kalau kita melihat manfaat daun bayam, sangat banyak sekali. Namun anda harus ingat, bayam tidak bisa kita biarkan lebih dari 5 jam teroksidasi. Karena justru akan berubah menjadi racun yang tidak bisa kita makan lagi. 

5. Buncis 

sayuran tinggi serat

Memang tidak lebih banyak dari brokoli dan wortel, namun sayuran ini mengandung cukup serat yang baik kita konsumsi. Buncis mengandung sekitar 1,2 gram serat tiap 100 gramnya. Selain serat yang baik untuk kesehatan, sayuran ini juga mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A, B1, B2 Vitamin C, Kalium serta zat lain yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Jenis Sayuran Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel