-->

Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Serat Untuk Tubuh Kita ?

Kita sering mendengar istilah serat, namun saya yakin diantara anda tidak banyak yang mengetahuinya. Bahkan juga tidak mengetahui pentingnya serat untuk kesehatan tubuh kita. Serat merupakan satu zat yang terkandung di dalam bahan makanan terutama sayuran dan buah. Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas sayuran tinggi serat. 

Sekarang 350 kata ingin membahas hal yang tentu masih sangat berhubungan yaitu manfaat serat untuk kesehatan. Tadi saya katakan, tidak banyak yang mengetahui apa sih manfaat serat untuk kesehatan, memang tubuh kita juga perlu serat ? Berikut ini beberapa manfaat serat untuk kesehatan. 

Manfaat Serat Untuk Kesehatan

manfaat serat

# Menyehatkan Saluran Cerna

Jika anda mengalami kesulitan BAB (Buang Air Besar) bisa jadi anda kekurangan cairan atau kekurangan serat. Dari situ sudah bisa kita tebak, manfaat serat salah satunya adalah untuk melancarkan pencernaan sehingga BAB kita lancar dan metabolisme tuhuh tidak terganggu. 

# Membantu Menurunkan Kolesterol

Bagaimana bisa dengan mengkonsumsi serat dapat membuat kolesterol kita turun ? Salah satu fungsi serat di dalam tubuh adalah menyerap lemak dengan cara mengurangi penyerapan lemak makanan di dalam usus. Oleh karena itu, kolesterol bisa menurun ketika kita mengkonsumsi serat yang seimbang setiap harinya. 

# Menormalkan Gula Darah

Untuk anda yang memiliki keluhan dengan kadar gula darah, konsumsi serat sangat penting setiap harinya. Mengapa demikian ? Serat membuat kita kenyang dan juga memperlambat kosongnya lambung, karena penyerapan yang cukup lama. Dari situ, proses penyerapan gula juga berkurang. Hasilnya, gula darah tidak cepat naik. 

# Membantu Diet Berat Badan

Jika anda sedang dalam proses diet untuk menurunkan berat badan. Ada baiknya, anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Hal ini karena kandungan kalorinya lebih sedikit dan anda tidak mudah lapar karena proses pencernaan serat cenderung lambat di labung dan usus. 

# Mencegah Penyakit Jantung

Memang kelihatanya sepele, namun serat memiliki banyak manfaat besar untuk kesehatan. Salah stunya adalah dapat mencegah dan menurunkan resiko penyakit jantung. Terdpat beberapa sebab penyakit jantung seperti kolesterol tinggi, gula darah tidak normal dan juga kelebihan berat badan. Nah, diatas telah kita sebutkan semua bahwa serat memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, menormalkan gula darah dan membantu diet berat badan. Sangat logis pabila kita sebut, serat juga dapat mencegah penyakit jantung. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Serat Untuk Tubuh Kita ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel