-->

Begini Prosedur Mematikan Komputer Dengan Cara Yang Benar

Komputer merupakan perangkat elektronik, namun berbeda dengan perangkat elektronik lainnya. Mengapa demikian ? Karena komputer terdiri dari dua komponen yang bekerja secara sinergis sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Komponen tersebut adalah Hardware (perangkat keras) dan software (perangkt lunak). Oleh karena itu terdapat beberapa prosedur dalam menggunakannya, termasuk juga cara mematikan komputer. 

Mematikan komputer dengan cara yang tidak benar, bisa membuat komputer eror hingga rusak parah. Hal ini karena sistem yang ada pada komputer diatur sedemikian rupa sehingga tidak bisa sembarangan dalam menggunakannya. Kali ini 350 kata sengaja ingin membahas point – point penting dalam hal mematikan komputer dengan cara yang benar. 

Mematikan Komputer Dengan Cara Yang Benar


Mematikan komputer tidak boleh seperti mematikan TV atau Radio dan juga perangkat elektronik lainnya. Cara mematikan komputer yaitu melalui software yang terdapat di dalamnya. Berikut ini langkah mematikan komputer yang menggunakan sistem operasi windows. 
  • Dari layar komputer anda akan lihat icon gambar logo windows di bagian pojok kiri bawah
  • Klik sekali kemudian sisi sebelah kanan terdapat tulisan “Shut down”, klik tulisan tersebut dan tunggulah komputer hingga benar – benar mati. 
cara mematikan komputer dengan cara yang benar

Sebelumnya, anda lebih baik menutup “close” semua program yang sedang aktif di komputer anda agar tidak terjadi eror. 

Sepertinya cukup mudah sekali bukan, namun apabila hal ini tidak anda lakukan dengan benar. Yakni mematikan komputer dengan semaunya sendiri, tidak lama komputer anda akan rusak. Hal ini karena sistem komputer ketika kita klik “Shut down” secara otomatis akan mengakhiri kerjanya.

Namun ketika kita mematikan komputer dengan cara yang tidak benar, maka komputer seolah – olah terhentak. Arus yang mengalir pada perangkat komputer juga terputus tiba – tiba. Inilah yang kemudian membut komputer cepat rusak, khususnya pada hardware yang menerima arus listrik tidak stabil.

Pengecualian

Anda bisa saja mematikan dengan menggunakan langkah lain atau dengan kata lain secara paksa. Hal ini bisa anda lakukan karena memang komputer secara normal tidak bisa diakses, dan kita tidak bisa menggerakan kursor dan keyboard pun tidak berfungsi. 

Dalam situasi seperti ini, anda bisa matikan dengan cara menekan tombol power dan tahan beberapa detik hingga komputer mati. Atau anda juga bisa mencabut kabel power apabila dengan menekan tombol powerpun komputer tidak bisa mati. Selebihnya anda tidak diperkenankan melakukan hal tersebut. Sekian, semoga bermanfaat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Prosedur Mematikan Komputer Dengan Cara Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel