-->

Mengenal Macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Mengenal komputer tidak lengkap rasanya hanya dari luarnya saja. Akan lebih baik apabila kita mengetahui luar dan dalam. Maksudnya, selain kita bisa menggunakannya, juga kita mengetahui perangkat dan fungsi yang terdapat di dalamnya. Bagi yang belum tahu, tenang saja karena 350 kata di kesempatan ini ingin berbagi informasi mengenai hal ini, khususnya perangkat keras komputer dan fungsinya. 

Sebagaimana kita ketahui, komputer yang kita gunakan terdiri dari dua macam komponen atau perangkat. Salah satunya adalah perangkat keras. Yaitu bagian dari komputer yang berupa fisik, atau dapat disentuh dengan tangan kita. Tidak hanya kasat mata. 

Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya



Berikut ini beberapa item perangkat keras komputer yang terdapat dalam komputer Personal atau PC dan juga pada laptop. Namun terdapat perbedaan pada bentuk dan ukuran. 

# Motherboard

Ini adalah perangkat yang sangat penting, Motherboard adalah sebuah papan rangkaian yang didalamnya melekat banyak perangkat keras lainnya. Semuanya terpadu di sini, oleh sebab itu disebut dengan istilah Motherboard atau papan induk rangkaian. 

# Processor

Perangkat Keras Komputer selanjutnya adalah Processor. Yaitu perangkat komputer yang bertidak sebagai pemroses segala macam perintah yang kita inputkan. Processor juga terpasang pada motherboard, dilengkapi dengan kipas pendingin. 

# RAM
RAM (Random Access Memory), disebut juga dengan Flash Memory. Yaitu sebuah memory flash yang bertindak atau berfungsi sebagai penyimpanan sementara. File yang tersimpan pada RAM akan hilang setelah komputer restart atau mati. 

# Hardisk

Berikutnya adalah Memory Penyimpanan permanen, artinya file tidak akan hilang hanya karena komputer anda dimatikan. Di dalam Hardisk juga tersimpan file sistem operasi yang berjalan di komputer. 

# VGA Card
Dalam bahasa Indonesia, disebut dengan kartu grafis. Yaitu sebuah perangkat yang berfunsgi untuk mengatur grafis tampilan serta resolusi pada layar monitor. 

# Sound Card

Perangkat keras komputer selanjutnya Sound Card atau Kartu Suara. Fungsi perangkat ini adalah untuk mengatur suara yang keluar ataupun yang masuk ke dalam perangkat. Recording Device dan juga Playback Device. Sound Card sangat berpengaruh terhadap kualitas suara, dan perangkat ini adalah perangkat yang cukup penting dalam digital recording

# Mouse & Keyboard

Mouse dan keyboard termasuk dalam perangkat input komputer. Yaitu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan perintah di komputer. 

# Monitor

Berkebalikan dengan Mouse & Keyboard, monitor termasuk jenis output komputer. Fungsi monitor adalah sebagai display sistem operasi yang ada dalam komputer sehingga kita dapat memakainya dengan mudah. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel