-->

Mengenal Alat Elektromedik Lengkap Dengan Contohnya

Alat Elektromedik - Pada kesempatan yang lali kita telah membahas mengenai alat kesehatan dan funginya. Kurang lebih ada 10 alat kesehatan sudah kita bahas dalam artikel tersebut. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan kembali membahas mengenai alat kesehatan namun lebih spesifik lagi yaitu alat kesehatan Elektromedik.

Pengertian Alat Elektromedik

contoh alat elektromedik


Apa itu Alat Elektromedik ? Mungkin sebagian dari kita orang awam sama sekali tidak mengetahuinya. Ya, memang benar, istilah tersebut termasuk istilah yang sering digunakan di dalam dunia kesehatan. Jadi terkadang kita asing mendengarnya. Alat Elektromedik didefinisikan dengan alat - alat kesehatan yang mengandung unsur elektronik baik dalam rangkaian, cara kerja, dan juga dalam cara penggunaan wajib menggunakan tenaga listsrik.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang alat Elektromedik ini, mari kita lihat beberapa contoh alat Elekteromedik yang ada di rumah sakit atapun klinik. Berikut ini beberapa diantara sekian banyak alat yang ada. 

Contoh Alat Elektromedik 


1. Defibrillator 


Defibrillator merupakan alat Elektromedik yang memiliki peranan yang sangat penting. Alat ini merupakan alat Emergency yang digunakan untuk menyelamatkan jiwa. Defibrillator berhubungan dengan serangan jantung mendadak. Yaitu berfungsi untuk menormalkan irama jantung yang sangat cepat (takikardia) dimana apabila tidak ditangani akan membahayakan nyawa seseorang. Lebih lengkap tentang defibrillator anda bisa simak di sini : Defibrillator Adalah

2. Inkubtor Bayi


Tentunya alat yan satu ini sudah banyak diketahui orang. Inkubator Bayi merupakan alat Elektromedik yang digunakan untuk perawatan dan penanganan bayi prematur. Yakni bayi yang dilahirkan kurang dari masa lahir normalnya. Inkubator Bayi dilengkapi dengan alat - alat elektromedik lainnya yang berfungsi untuk penunjang perawatan bayi prematur di dalamnya. 


3.   EKG (Elektrokardiografi)


Sebagian orang menyebut alat ini dengan alat rekam jantung. Yaitu alat kesehatan yang berfungsi untuk merekam aktifitas kelistrikan jantung sehingga dapat diketahui ada tidaknya gangguan yang terjadi pada jantung. EKG mengeluarkan hasil pemeriksaan berupa gambar grafik yang disebut dengan Elektrokardiogram. Orang yang tidak memiliki kelainan irama jantung akan menampilkan gambar grafik yang khas. Dengan demikian, akan terlihat apabila terdapat gangguan jantung. Alat EKG merupakan alat kesehatan yang wajib di rumah sakit khususnya yang menjadi rujukan dari pusat layanan medis tingkat pertama. Untuk anda yang membutuhkan informasi terkait dengan pengadaan produk alat EKG anda bisa kunjungi website toko alat kesehatan onlie PT Fulki Hasya Indonesia.

4. USG


Contoh alat Elekteromedik berikutnya yaitu USG (Ultrasonografi). Yaitu sebuah alat Elektromedik yang berfungsi untuk pencitraan dalam organ dalam tubuh manusia. Alat ini umumnya digunakan untuk pemeriksaan kandungan. Pemeriksaan penyakit dalam dan lain sejenisnya. Alat USG bekerja dengan memanfaatkan gelombang suara ultra dengan frekuensi yang tinggi. Kemajuan teknologi membuat alat ini terus berkembang hingga dapat menampilkan gambar 5 dimensi. 

5. Lampu Operasi 


Anda yang sudah pernah menjalani operasi pasti pernah melihat alat ini. Ya, lampu operasi merupakan lampu yang sangat terang yang digunakan pada saat proses operasi dilakukan. Kita pasti tahu lampu ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan arus listrik, oleh sebab itu, alat ini digolongkan sebagai alat Elektromedik. 

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga ulasan singkat yang hanya 350 kata ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya. Sekian, selamat beraktifitas dan semoga anda sehat selalu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Alat Elektromedik Lengkap Dengan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel