-->

Ketahui Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Bukan hanya enak, pepaya yang rendah kalori ternyata punya segudang kandungan mineral dan vitamin. Pepaya kaya akan nutrisi dan vitamin C, setidaknya ada 235 mg vitamin C dalam satu buah pepaya. 

Pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin K, vitamin E, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Adanya nutrisi tersebut, pepaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Beragam manfaat buah pepaya

manfaat buah pepaya

Setiap orang pasti sudah mengenal pepaya sebagai buah yang bisa melancarkan pencernaan. Namun, masih banyak lagi manfaat pepaya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

  • Menyehatkan mata. Pepaya memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A diperlukan bagi kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata selalu terlumasi dengan baik. 
  • Menyembuhkan kulit yang terbakar oleh sinar matahari. Zat likopen pada pepaya dapat memelihara kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal kerusakan sel karena radikal bebas. 
  • Menyehatkan rambut dan kuku. Vitamin dan mineral pada buah pepaya membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah pepaya bahkan bisa dijadikan masker rambut guna menyuburkan rambut. 
  • Memperlancar pencernaan. Kenapa pepaya terkenal dapat melancarkan pencernaan? Hal tersebut karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Mengonsumsi pepaya selama 40 hari bisa menyembuhkan konstipasi dan perut kembung. 
  • Antipenuaan dini. Beragam nutrisi pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Seperti enzim papain yang membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit serta vitamin C dan A yang membantu mengurangi kerutan dan memudarkan flek hitam. Selain itu, vitamin C juga berguna memproduksi kolagen yang mengurangi keriput. 
  • Meningkatkan sistem imun. Vitamin A, C, dan E dalam pepaya membantu menguatkan sistem imun. Jadinya, kita terhindar dari penyakit infeksi seperti flu dan pilek. 
  • Menyehatkan jantung. Buah pepaya dengan vitamin C dan likopen menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidannya juga dapat meningkatkan efek kolestrol baik (HDL) di dalam tubuh. 
  • Mengurangi resiko kanker. Manfaat lain antioksidan dan likopen pada buah ini juga mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker. 
  • Baik untuk penyakit demam dengue. Manfaat buah ini memiliki dampak baik terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang menekan jumlah trombosit. Penderita infeksi dangue yang mendapatkan ekstrak buah pepaya memiliki peningkatan trombosit lebih cepat daripada mereka yang mendapatkan pengobatan biasa. 
Bagi Anda yang tidak memilki alergi terhadap buah pepaya dan kandungan didalamnya, konsumsilah buah ini untuk merasakan berbagai manfaat pepaya yang telah dijelaskan di atas. Menambahkan pepaya pada menu harian Anda, asupan nutrisi akan meningkat dan terhindar dari beberapa penyakit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ketahui Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel