-->

10 Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Tidak ada salahnya kita mengenal 10 macam jenis alat kesehatan dan fungsinya sebagai pengetahuan dan wawasan kita akan keilmuan diluar bidang yang kita tekuni. Ilmu yang ada pada diri kita selagi itu adalah ilmu yang bermanfaat, pasti akan berguna. Tidak sekarang, tapi kapan waktu itu datang kita tidak mengetahuinya. 

Seperti sekarang ini, dalam 350 kata ini saya ingin berbagi 10 macam alat kesehatan dan fungsinya yang sudah saya kenal dan sebagian sudah pernah mencoba menggunakannya sendiri. Apa sajakah itu, yuk mari simak ulasannya berikut ini 

10 Daftar Alat Kesehatan Dan Fungsinya Beserta Gambarnya


1. Termometer

10 alat kesehatan dan fungsinya


Kita bahas dari alat yang hampir semua orang mengenalinya. Termometer, saya kira anda juga pasti mengetahuinya. Merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh ketika sakit demam. Hal ini dilakukan untuk memastikan berapa derajat demam yang diderita

2. Tensimeter

10 alat kesehatan dan fungsinya


Alat yang satu ini juga pastinya anda familier mendengarnya. Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Ketika anda memeriksakan diri ke dokter, pertama yang akan dicek adalah tekanan darah anda.

Baca juga : Cara menggunakan tensimeter manual ternyata mudah

3. Alat Rekam Jantung (ECG)

10 alat kesehatan dan fungsinya


Electrocardiograph (ECG) merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa adanya gangguan jantung melalui rekaman kelistrikan jantung yang diambil dari dada pasien. 

4. Syringe

10 alat kesehatan dan fungsinya


Bahasa yang mudah yang semua orang mengenalnya adalah alat suntik, yaitu alat kesehatan yang digunakan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh melalui pembuluh darah vena. 

5. Infus Set

10 alat kesehatan dan fungsinya
Merupakan alat infus yang terdiri dari selang, jarum infus dan juga sambungan ke botol infus. Infus Set digunakan untuk memberikan cairan infus pada pasien rawat inap. 

6. Defibrillator

10 alat kesehatan dan fungsinya

Defibrillator adalah alat kejut jantung, yaitu alat medis yang digunakan untuk memberikan stimulus energi listrik saat seseorang terkena serangan jantung mendadak yang mengakibatkan detak jantung acak dan tidak normal.

7. Photometer (Chemistry Analyzer) 

10 alat kesehatan dan fungsinya
Merupakan alat kesehatan yang termasuk dalam kategori alat diagnostic. Fungsi alat ini adalah untuk pemeriksaan unsur – unsur kimia dalam darah guna kepentingan diagnosis dokter. 

8. Mesin Anestesi

10 alat kesehatan dan fungsinya
Sebuah mesin yang memiliki ukuran cukup besar yang berfungsi untuk melakukan pembiusan terhadap pasien yang akan menjalani operasi bedah. 

9. Pasien Monitor

10 alat kesehatan dan fungsinya

Sebuah monitor yang berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan pasien dengan beberpa parameternya seperti tekanan darah, detak jantung, grafik ekg dan lain sebagainya. 

10. Kursi Roda

10 alat kesehatan dan fungsinya


Yang satu ini pasti anda tahu, kursi roda merupakan alat bantu jalan yang digunakan untuk membantu seseorang yang mengalami kesulitan berjalan karena satu hal. 

Ternyata 10 macam alat kesehatan dan fungsinya tidak bisa kita bahas dalam 350 kata, harus lebih. Tapi tidak mengapa, yang penting semua tertulis dan tersampaikan kepada anda. Sekian, semoga bisa bermanfaat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya Beserta Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel