-->

Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat Bersama AksiSehatCeria

Apa arti kesehatan menurut anda ? Kita sering melihat berbagai macam slogan tentang kesehatan yang sungguh menarik ketika dilihat. Namun, berapa banyak orang yang benar – benar memahami dan menerapkan dalam kehidupan kesehariannya ?

Sama halnya dengan pola hidup sehat yang sering kita lihat ulasanya di berbagai macam media. Berulang kali kita baca, dan hampir – hampir kita menghapalnya bukan. Namun sekali lagi, sudahkah kita menerapkan itu semua ?

Benar kata pepatah, “Nikmat akan lebih terasa ketika kita telah kehilangannya”. Kita akan merasakan betapa nikmatnya sehat disaat kita terbaring sakit. Bahkan makanan kesukaan kitapun terasa pahit dalam kondisi sakit.

Pertanyaanya, mengapa pola hidup sehat seperti sulit dilakukan ? Jawabnya ada di benak kita masing - masing.

Melalui tulisan ini, saya ingin mencoba beropini sebatas kemampuan saya tentang bagaimana cara agar pola hidup sehat bisa menjadi teman keseharian kita. Bukan menjadi beban yang begitu berat, seperti merubah seluruh kehidupan keseharian kita.

Tips Memulai Kebiasaan Pola Hidup Sehat Dengan Mudah & Ringan

tips menjalankan pola hidup sehat


1. Sadari Dari Hati

Segala sesuatu yang disadari dari hati akan menjadi ringan meskipun kelihatannya berat. Termasuk juga dalam menerapkan pola hidup sehat, akan lebih mudah ketika kita sadar sepenuh hati, bahwa sehat adalah hal yang mutlak.

Pertanyaanya adalah, bagaimana caranya menyadarkan diri akan pentingnya kesehatan ?

Mungkin beberapa opsi berikut ini bisa anda coba :
  • Seringlah menjenguk orang sakit
  • Ingatlah riwayat orang – orang terdekat anda yang telah tiada karena penyakit tertentu
  • Lihat usia anda sekarang, rasakan keluhan yang sekarang anda alami dan coba bandingkan dengan kondisi anda beberapa tahun yang lalu. Kemudian, pikirkan bagaimana anda beberapa tahun ke depan
  • Bayangkan apabila anda sakit
Mudah - mudahan dengan begitu kita bisa sadar sepenuhnya bahwa kesehatan memang benar - benar penting dan hal mutlak dalam kehidupan kita.

2. Lakukan Dari Yang Sederhana

Kita memulai pendidikan formal dari tingkat yang paling kecil. Kita hidup juga mengalami proses dari yang sederhana hingga menjadi sebuah sistem kompleks seperti sekarang ini.

Sama halnya dengan menerapkan dan menjalankan pola hidup sehat, mulailah dari yang paling sederhana dan ringan.

Untuk anda yang tidak terbiasa berolah raga, tentu akan sangat sulit apabila langsung membuat jadwal olahraga dalam sepekan !

Anda bisa memulai dengan berjalan santai di pagi hari keliling lingkungan tempat tinggal anda. Kemudian jika telah terbiasa, bisa anda lanjutkan dengan joging.

Untuk mengurangi kejenuhan yang mungkin timbul, sesekali bisa selingi dengan bersepeda ke tempat tertentu. Bukan hanya dapat menyehatkan badan, kita juga bisa memanfaatkannya untuk rekreasi.

Mulailah dari hal yang sederhana dan ringan, jadikan kebiasaan, kemudian tingkatkan dengan hal lainnya. Demikian seterusnya, hingga anda enjoy dalam menjalankannya.

3. Manfaatkan Momen Yang Ada

Jangan sia – siakan momen yang anda jumpai dimana itu berhubungan dengan kesehatan. Ada banyak kegiatan di sekitar kita yang berkaitan dengan momen – momen tertentu seperti jalan sehat, aksi donor darah hingga senam masal.

Orang cenderung lebih menyukai kegiatan dalam waktu – waktu tertentu seperti itu. Karena ada unsur lain yang ingin juga dicapai. Hadiah misalnya. Disadari atau tidak, anda sudah melakukan satu pola hidup sehat walaupun itu hanya sekali waktu.

Contoh lain donor darah, tidak banyak yang mengetahui manfaat donor darah, mungkin termasuk juga anda yang sedang membca tulisan ini sekarang. Namun ketika anda mencoba untuk berpartisipasi, anda akan merasakan perubahan dalam hidup anda. Setelah itu, akan jadi kebiasaan yang selalu rutin anda ikuti.

4. Jangan Lakukan Sendiri

Kebosanan akan menghampiri kita ketika melakukannya sendirian. Termasuk juga dalam menjalankan pola hidup sehat, mulailah bersama keluarga. Ikut sertakan orang - orang terdekat anda terlibat dalam misi ini.

Jalan – jalan pagi tentu akan lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama teman. Mulai dari bangun pagi anda akan terasa ringan, suasana saat jalan pun menjadi ramai. Disamping itu, bisa juga anda manfaatkan untuk piknik keluarga yang sederhana.

Contoh lain, ketika anda memiliki komunitas bersepeda. Tentu akan ada spirit khusus yang membuat anda semangat untuk berolahraga. Selain kegiatan rutin, tentu akan jadi kebiasaan anda dalam kesehariannya.

5. Selalu Update Informasi Kesehatan Terbaru

Dalam menjalankan pola hidup sehat, tentunya anda membutuhkan sumber bacaan yang ideal dan terpercaya, serta berasal dari sumber yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Di era digital seperti sekarang ini, kita tidak bisa lepas dari gadget kesayangan kita. Tentu ini bisa anda memanfaatkan untuk update informasi kesehatan dari website online seperti DokterSehat. Anda bisa dapatkan informasi kesehatan terbaru setiap harinya.

Selalu cari tahu hal – hal yang berhubungan dengan pola hidup sehat baik itu kegiatan fisik, menu makanan sehat, dan juga kebiasaan yang berpengaruh terhadap kesehatan. 

Dengan begitu, menjalankan pola hidup sehat tentu akan lebih asik dan menyenangkan.

Mungkin uraian opini singkat ini berakhir sampai di sini, tidak banyak harapan saya semoga apa yang tertulis dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian, tetap sehat dan semangat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat Bersama AksiSehatCeria"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel