-->

Yuk Belajar Cara Menggunakan Tensimeter Manual ! Mudah Ko !

Tadinya saya berfikir bahwa tensimeter manual hanya bisa digunakan oleh mereka para tenaga medis. Namun ternyata, perkembangan teknologi yang semakin pesat bisa membuat saya juga bisa menggunakan alat tersebut. Bagaimana dengan anda ? 

Tenang saja, untuk anda yang sekarang belum bisa menggunakannya, pada kesempatan ini 350 kata akan berbagi tutorial bagaimana cara menggunakan tensimeter manual untuk mengukur tekanan darah sendiri. 

cara menggunakan tensimeter manual

Perlu anda ketahui bahwa tekanan darah merupakan satu parameter kesehatan yang amat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Coba anda lihat, ada berapa orang disekitar anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi ? Cukup banyak bukan ? 

Oleh sebab itu, apabila anda bisa menggunakan tensimeter sendiri tentu hal ini akan memudahkan anda dalam mengecek kondisi tekanan darah anda. 

Cara Menggunakan Tensimeter Manual


Pertama – tama siapkan peralatan yang akan anda gunakan yaitu satu buah tensimeter manual dan satu stetoskop untuk mempermudah pengecekan deyut nadinya. 
  1. Pasang manset pada lengan kiri anda dengan benar. 
  2. Kenakan stetoskop di telinga anda dan kepala stetoskop (headpiece) tempelkan pada lengan, kemudian tindih dengan manset bagian depan 
  3. Posisikan tangan kanan anda memegang bola tensi serta ibu jari & jari telunjuk memegang katup pelepas tekanan 
  4. Pompalah bola tensi hingga jarum atau skala air raksa naik di angka 180 mmHg 
  5. Kemudian sesaat setelah kondisi itu, lepaskan paskan tekanan dengan memutar katup pelepas tekanan secara perlahan 
  6. Amati skala jarum atau tabung air raksa dan dengarkan baik – baik, dimana anda mendengar bunyi detak nadi paling keras untuk perama kali. Catat atau ingat – ingat. Itulah tekanan sistolik 
  7. Dengarkan terus dan jangan lepaskan pandangan anda dari skala manometer. 
  8. Catat dimana anda ketika suara tersebut hilang dan sangt kecil, yang terdengar seperti desiran angin hingga kemudian hilang. Itulah tekanan diastolic 
Kemudian ganti dengan lengkan tangan kanan, dimana yang lebih tinggi, maka selanjutnya anda melakukan pengukuran pada lengan tersebut. Agar anda terbiasa dan semakin peka, maka lakukan terus setiap hari dan coba amati apakah nilai yang anda hasilkan dari pengukuran sangat berbeda drastis atau tidak. Jika tidak, berarti anda telah bisa menggunakan alat tersebut dengan benar. 

Mudah bukan ? Nah begitulah ulasan singkat tentang bagaimana cara menggunakan tensimeter manual, semoga bermanfaat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yuk Belajar Cara Menggunakan Tensimeter Manual ! Mudah Ko !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel