-->

Metode Perawatan Bayi Prematur Yang Sebaiknya Kita Ketahui

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum usia kangungan genap sembilan bulan. Bayi prematur lebih membutuhkan perawatan khusus dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan normal. Terutama jika berat badanya kurang dari 1,4 kg. Bayi yang lahir prematur biasanya akan segera ditempatkan pada inkubator. 

penyebab bayi prematur

Merawat bayi prematur akan lebih memerlukan usaha dibandingkan merawat bayi yang berat badanya normal. Biasanya bayi prematur memerlukan perawatan dirumah sakit sebelum diperbolehkan dibawa pulang. Bayi prematur diperbolehkan pulang dari rumah saki apabila sudah bisa menerima asupan ASI atau susu formula tanpa dibantu menggunakan pipa nasogastrik, suhu tubuh yang tetap stabil dalam keadaan biasa, berat badan naik dengan stabil. 

Kebutuhan nutrisi bayi prematur harus selalu diperhatikan. Biasanya bayi prematur lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi agar dapat tumbuh sehat seperti bayi yang lainya. Hingga usia bayi mencapai dua tahun. Kemungkinan bayi prematur tidak tumbuh secepat dengan bayi yang berat badanya normal. Selain itu ada beberapa masalah medis yang bisa dialami bayi prematur yaitu: 
  • Masalah pernafasan, bayi prematur mungkin akan membutuhkan tambahan oksigen atau ventilator mekanik. 
  • Apnea tidur, apnea tidur yaitu jeda bernafas kerika tidur. Jika hal ini menimbulkan gangguan bayi tampak menjadi biru ataupun laju detak jantung bayi, kemungkinan bayi harus dirawatr dirumah sakit. 
  • Resiko terkena infeksi terutama yang disebabkan oleh virus. 
Langkah merawat bayi prematur yang baik dan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan sehat. Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan:

1. Menjadi mama kangguru

Perawatan kangguru yaitu anda mendorong bayi anda dengan memasukan ke dalam baju yang anda pakai atau juga bisa menggunakan kain gendongan khusus supanya kulitmu bersentuhan bersentuhan langsung denga kulit sang bayi. 

Bayi akan mengetahui sentuhan, aroma tubuh, serta irama nafasmu dan akhirnya ia akan selalu menikmati kedekatan denganmu. Manfaat yang diperoleh dari perawatan kangguru ini antara lain : 
  • Menjaga kehangatan tubuh sang bayi 
  • Membantu proses pernafasan bayi dan mengatur detak jantung bayi 
  • Membantu menenangkan bayi supaya frejuensi menangis bisa berkurang 
  • Memberikan kesempatan bagi bayi agar tidur lebih nyenyak 
  • Mempunyai kesempatan agar bisa menyusui 
  • Membangun rasa percaya diri karena memberikan perawatan yang baik bagi sang bayi dan juga dapat meningkatkan kesehatan bayi 
2. Perhatikan posisi tidurnya

Pastikan bayi tidur dengan posisiyang terlantang, tidak miring ataupun tengkurap. Hal ini dapat mengurangi resiko sinfrom kematian bayi. Hal ini lebih umum terjadi pada bayi prematur dibandingkan dengan bayi yang terlahir secara normal. 

3. Imunisasi atau vaksin

Imunisasi ini sangat diperlukan oleh sang buah hati supaya terhindar dari serangan penyakit yang serius. Jadwal imunisasi bayi prematur sam denganjadwal imunisani bayi yang terlahir normal. Perbedaanya hanya pada vaksin hepatitis B. 

Dokter juga menyarankan untuk mdemberikan vaksin flu apabila bayi sudah berusia enam bulan. Anggota keluarga juga perlu mendapatkan vaksi flu supaya mencegah terjadinya penularan flu kepada bayi prematur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Metode Perawatan Bayi Prematur Yang Sebaiknya Kita Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel