-->

Mengenal Alat - Alat Optik Yang Sering Kita Melihatnya

Tahukah anda apa itu alat optic ? Optik erat kaitanya dengan kaca. Optik juga berhubungan dengan mata. Bahkan sebagian orang mengaggap optic adalah kaca mata. Memang tidak sepnuhnya salah, namun saya rasa kurag tepat. Untuk itu, saya mencoba untuk menulis artikel ini dengat topik beberapa macam alat – alat optic yang dikenal secara luas. 

Di bangku sekolah, tentu tema ini sudah kita pelajari bersama dengan guru kita. Tapi tidak ada salahnya saya ingin berbagi kembali mengenai hal ini kepada pembaca yang mungkin bisa jadi sudah lupa tentang materi ini. Baik, di sini ada beberapa alat optic yang saya ketahui dan sedikit pembahasan mengenai fungsinya. 

Macam Alat – Alat Optik

1. Kaca Mata 


Nah, kita tadi sudah menyinggung sedikit mengenai Optik dan kaca mata. Memang, kata “optic” selalu menjadi nama took kaca mata dan aksesories lainnya. Hal ini karena kaca mata memang merupakan salah satu alat atau benda optic. Kaca mata memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai alat bantu dan alat pelindung. Kaca mata bisa menjadi alat pelindung dari radiasi cahaya, dan juga sebagai alat bantu untuk melihat ketika kondisi mata sudah tidak normal. 

2. Mikroskop 

Alat optic selanjutnya yaitu mikroskop, tentu kita semua sudah mengetahui apa itu mikroskop bukan. Mikroskop adalah alat optic yang berfungsi untuk melihat benda – benda dengan ukuran mikro atau sangat kecil dan tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Mikroskop terdiri dari susunan atau serangkaian lensa yang memiliki kemampuan perbesaran hingga batas tertentu. Mikroskop pada umumnya digunakan di laboratorium untuk penelitian atau riset. 

3. Teleskop 


Selanjutnya, yang juga termasuk alat optic adalah teleskop atau yang sering dikenal dengan nama teropong di Indonesia. Meskipun ada begitu banyak jenis teropong, namun pada intinya adalah, alat ini terdiri dari susunan lensa atau cermin yang dapat digunakan untuk melihat benda – benda dengan jarak yang jauh. Seperti melihat bintang dan planet. Atau juga melihat orang dari kejauhan. Dan lain sebagainya. 

4. LUP 

Berikutnya, LUP atau disebut juga dengan kaca pembesar. Adalah benda optic yang merupakan lensa cembung. LUP berfungsi untuk memperbesar bayangan benda dengan skala tertentu. LUP juga dapat berfungsi sebagai alat pembakar ketika siang hari dengan cahaya matahari yang terang karena LUP bersifat mengumpulkan cahaya. 

5. Mata 

Ternyata ada yang kita lupakan dalam pembahasan ini. Mata juga merupakan salah satu alat optic yang kita miliki tanpa harus membelinya. Mata manusialah yang menginspirasi pembuatan benda – benda atau alat optic sehingga dapat berfungsi seperti sekarang ini. Mata manusia tersusun dari berbagai macam komponen terpadu hingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Alat - Alat Optik Yang Sering Kita Melihatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel