-->

Mengenal Beberapa Jenis Tensimeter Yang Ada Di Pasaran

Ada beberapa jenis tensimeter dipasaran yang sering membuat binung pembelinya. Sebenarnya kalau anda mengetahui masing – masing kelebihan dan kekurangannya, anda tidak akan bingung. Namun jangan khawatir, karena 350 kata kali ini akan membahas tentang beberapa jenis tensimeter dengan penjelasan singkat. 

Sebagaimana anda ketahui, tensimeter adalah salah satu alat diantara berbagai macam alat kesehatan yang digunakan di rumah sakit. Fungsi alat ini yaitu untuk mengukur tekanan darah. Anda yang kebetulan memiliki keluhan tekanan darah tinggi, penting untuk memiliki alat ini. 

Jenis – Jenis Tensimeter Dan Penjelasannya


Baiklah, tidak perlu kita perpanjang lagi mukadimahnya. Berikut ini beberapa jenis tensimeter yang bisa kita jumpai di pasaran sekarang ini. 

1. Tensimeter Jarum (Aneroid) 

jenis tensimeter

Alat ukur tekanan darah (tensimeter) yang satu ini merupakan kategori jenis tensimeter manual. Yang dimaksud manual di sini adalah tanpa menggunakan tenaga listrik. Tensimeter jarum disebut juga dengan istilah Tensimter Aneroid. Ciri tensi ini adalah menggunakan manometer berupa skala jarum seperti stopwatch. 

And adapt dengan mudah menemukannya di toko alat kesehatan terdekat rumah anda, atau anda bisa juga membelinya secara online. Kalau dilihat dari harga, jenis tensimeter aneroid adalah yang paling murah diantara jenis lainnya. Namun demikian, beberapa merk ternama memberikan harga yang cukup tinggi untuk tensimeter ini. 

2. Tensimeter Air Raksa 

tensimeter air raksa

Tensimeter yang ini juga masih tergolong dalam jenis tensi manual. Perbedaannya dengan aneroid, tensi air raksa ini menggunakan manometer berupa tabung berskala yang dilengkapi dengan zat raksa di dalamnya. Prinsip kerjanya dengan memanfaatkan sifat zat dalam pengukuran. 

Cara menggunakan tensimeter manual baik air raksa ataupun tensimeter jarum sama saja. Anda juga bisa mempelajarinya sendiri. Untuk harga, jenis tensimeter air raksa ini memang sedikit lebih mahal apabila dibandingkan dengan tensimeter jarum. Hal ini mungkin karena zat raksa tersebut, atau konstruksinya juga lumayan lebih rumit apabila dibandingkan dengan tensimeter jarum. 

3. Tensimeter Digital 

tensimeter digital

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa banyak perubahan pada dunia analog atau manual. Termasuk juga yang satu ini. Jenis tensimeter yang cukup banyak peminatnya ini memiliki banyak varian diantaranya adalah tensimeter digital lengan. Menyerupai jam tangan dan penggunaanya juga praktis. Selain itu, hampir semua merk, tipe dan bentuknya mirip. Keunggulan tensimeter ini adalah praktis, cepat dan mudah digunakan. 

Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan dalam 350 kata kali ini. Semoga ulasan singkat tentang jenis – jenis tensimeter ini dapat menambah wawasan anda dan bisa anda jadikan bahan referensi ketika ingin membeli tensimeter.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Beberapa Jenis Tensimeter Yang Ada Di Pasaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel